Jumat, 25 Januari 2013

Membuat Animasi Dari Logo

Pada kali saya akan membuat logo untuk yang nantinya dikibarkan seperti bendera. Pembuatan animasi ini yang akan nantinya di gerakan kedalam project blender. Berikut ini adalah langkah – langkah kerja cara pembuatan animasi dari logo pada tampilan blender :
1. Langkah pertama untuk pembuatan bendera ini adalah menambahkan object plane dalam tampilan blender.
2. Langkah selanjutnya setelah menampilkan plane, maka selanjutnya merotate object tersebut agar tampak seperti berdiri atau tampak menyerupai bendera. Langkah merotate ini dengan menggunakan perintah R+Z, R+X, R+Y
3. Setelah object tersebut sudah menyerupai bendera langkah selanjutnya adalah menggunakan perintah Ctrl+R. Perintah ini ditunjukkan agar object tersebut terlihat terdapat beberapa kotak. Kotak tersebut dibuat sebanyak mungkin. Akan tetapi, kotak tersebut jangan terlalu dekat jaraknya. Untuk melakukan perintah ini kita harus memindahkan mode menjadi edit mode
4. Setelah menjadi beberapa kotak, maka langkah selanjutnya adalah dengan memilih vertex select. Vertex select ini digunakan sebagai memilih 1 titik atau lebih. Pada pembuatan bendera ini kita harus memilih 3 buah titik vertex. Yang dimana 3 titik tersebut akan diikat. Maksud diikat diisi agar bendera tidak jatuh atau terbang saat menggunakan wind. Wind disini adalah sebuah angin yang berfungsi sebagai menggerakan bendera tersebut. Pada perintah pengikatan ini adalah dengan cara memilih object data setelah itu memilih vertex group, terus mengklik tanda “ + “ setelah membuat yang baru maka di beri nama ikat setelah itu di assign.
5. Setelah sudah mengikat object tersebut langkah selanjutnya adalah pemberian texture. Pemberian texture disini dengan menggunakan perintah texture.
6. Setelah plane sudah diberikan texture, langkah selanjutnya adalah dengan cara membuat angin. Angin disini menggunakan wind. Cara menambahkan wind ini dapat dilihat screenshot yang berada disamping ini. Setelah wind sudah tampil dilayar project blender anda maka langkah selanjutnya adalah dengan cara mengatur wind tersebut agar tepat didepan object plane atau object logo tersebut. Pada wind ini tanda panah kuning harus tepat di depan object plane atau bendera tersebut. Agar pada saat di coba logo akan berkibar dengan baik dan bagus. Wind ini juga dapat diatur dengan menggunakan perintah. Perintah tersebut dapat dilihat di screen shot samping ini.
7. Setelah mengatur wind atau angina selanjutnya mengatur object logo tersebut agar tidak terbang. Langkah awal dengan cara memilih physic selanjutnya memilih cloth.

1 komentar:

  1. hURUFNYA NGAK BISA DIBACA, COBA PUTIH ATAU KUNING JADI NGAK PUSING HEHEHEH

    BalasHapus