Minggu, 07 Oktober 2012

Online Games


    Pada tulisan kali ini saya akan membahas salah satu perkembangan teknologi yang sangat disukai oleh para segala kalangan. Mulai dari kalangan anak – anak sampai kalangan dewasa. Perkembangan teknologi ini sangat memerlukan komputer dan internet agar dapat terhubung. Perkembangan teknologi ini lebih sering disebut dengan Online Games.
    Pasti kalian dari kalangan anak – anak sampai dewasa mengetahui tentang apa itu online games dong? Dan pasti kalian pernah memainkannya di computer, PC, atau laptop kalian. Nah, dari sini saya akan sedikit menjelaskan tentang apa itu Online Games yang sedang berkembang di era globalisasi ini.  
    Dimulai dari, apa itu online games? Online games adalah sebuah jenis permainan komputer yang sangat memerlukan jaringan komputer, seperti : LAN ( Local Area Network ). LAN ini sebagai media untuk menyambungkannya. Nah, pada online games ini biasanya disediakan berbagai tambahan layanan dari perusahaan jasa online atau dapat diakses secara langsung melalui sistem yang disediakan oleh perusahaan permainan yang kita inginkan  tersebut.
 
   Menurut para pendapat ahli seperti Andrew Rollings dan Ernest Adams, mengatakan bahwa online games ini lebih tepatnya sebagai sebuah teknologi. Dibandingkan sebuah genre permainan. Maksud dari genre permainan ini adalah sebuah mekanisme untuk menghubungkan permainan bersama, dibandingkan dengan pola tertentu dalam sebuah permainan.
    
    Jenis permainan online ini sangat banyak. Jenisnya mulai dari permainan sederhana berbasis teks sampai permainan yang menggunakan grafik kompleks dan membentuk dunia virtual yang ditempati oleh banyak pemain dalam satu permainan.
    
    Dua unsur utama dalam online games, yaitu :
    
    a.    Server
   
    Server melakukan administrasi permainan dan menghubungkan client
    
    b.    Client
   
    Client adalah penggunan permainan yang memakai kemampuan server
 
   Online games sering disebut sebagai bagian dari aktivitas sosial. Mengapa disebut demikian? Karena pada online games ini pemain dapat saling berinterakasi secara virtual dan seringkali menciptakan komunitas dalam dunia maya.

Sejarah Online Games
    Pada Bagian ini saya akan menjelaskan tentang sejarah online games. Online games sudah lama ada. Bahkan online games dimulai sejak tahun 1969, ketika permainan untuk dua orang dikembangkan dengan tujuan awal untuk pendidikan. Kemudian pada awal tahun 1970, sebuah sistem dengan kemampuan time-sharing, yang disebut Plato, diciptakan untuk memudahkan para siswa belajar secara online, di mana beberapa pengguna dapat mengakses komputer secara bersamaan menurut waktu yang diperlukan dan diinginkan. Dua tahun kemudian, muncul Plato IV dengan kemampuan grafik baru, yang digunakan untuk menciptakan permainan untuk banyak pemain atau sering disebut sebagai multiplayer games.
    
    Online games benar – benar mengalami perkembangan setelah tahun 1995, pembatasan NSFNET ( National Science Foundation Network ) dihapuskan, membuat akses ke domain lengkap dari internet. Kesuksesan moneter menghampiri perusahaan – perusahaan yang meluncurkan permainan ini, sehingga persaingan mulai tumbuh dan menjadikan online games semakin berkembang hingga saat ini.
Online Games di Indonesia
 
    Online games mulai muncul di Indonesia pada tahun 2001, dengan diluncurkannya Nexia Online, sebuah permainan RPG keluaran BolehGame dengan grafik sederhana berbasis 2D. Nexia hanya membutuhkan spesifikasi komputer yang cukup kecil, bahkan bisa dimainkan di Pentium 2 dengan minimal grafik 3D. Permainan keluaran Korea ini berhasil memperkenalkan bermain game dan chat pertama di Indonesia. Akan tetapi, permainan ini ditutup pada tahun 2004 karena lisensi yang tidak diperpanjang. Semenjak itu, dunia online games di Indonesia semakin berkembang dengan masuknya beberapa provider game baru, seperti Redmoon ( 2002 ), Laghaim pada awal 2003, Ragnarok Online ( RO ) pada pertengahan 2003, dan Gunbound pada tahun 2004.
 
    Ragnarok Online ( RO ) merupakan salah satu online games yang menghebohkan di dunia permainan online Indonesia. Permainan yang keluar pada bulan Mei tahun 2003 ini, memang telah dinantikan kedatangannya dengan penuh antusiasme dari banyak gamer, dan telah lebih dulu mem-booming di ranah mancanegara. Permainan ini langsung diserbu oleh banyak orang dan berhasil membuat permainan daring mencapai titik puncak penggunaan hingga sempat membuat koneksi internet Indonesia kacau karena bandwidth yang tersedia pada saat itu belum memadai.
 
     Sementara permainan GunBound merupakan permainan online yang bergenre action pertama di Indonesia dan merupakan permainan online pertama yang menganut sistem Item Mall, di mana pemain dapat membeli item atau avatar untuk menghias karakter mereka dalam permainan tersebut. Pembelian item melalui voucher yang diterbitkan oleh BolehGame. Permainan ini juga merupakan permainan online yang bersifat gratis pertama di Indonesia, di mana pemain tidak harus membayar atau membeli voucher untuk memainkannya ( kecuali untuk membeli item tambahan ).
 
     Seiring dengan meningkatnya kuantitas pemain permainan online di Indonesia, tidak mengherankan jika komunitas maya akibat permainan online pun cukup menjamur. Biasanya komunitas ini terbentuk karena sering berinteraksi dalam sebuah permainan, dan kemudian bermain bersama. Selain bertemu di ranah virtual, suatu komunitas biasanya melakukan gathering atau pertemuan anggota pada waktu – waktu tertentu. 
SUMBER :
http://id.wikipedia.org/wiki/Permainan_daring


Tidak ada komentar:

Posting Komentar